Gubuk Mungil Yang Ditutupi Dengan Kain Itu Ternyata Sebuah Pesantren (Video)




Gubuk Mungil Yang Ditutupi Dengan Kain Itu Ternyata Sebuah Pesantren (Video)

Gubuk Mungil Yang Ditutupi Dengan Kain Itu Ternyata Sebuah Pesantren (Video)

Dalam menuntut ilmu, tempat bukanlah merupakan faktor utama. Yang terpenting adalah bagaimana ilmu yang diajarkan mampu diserap dengan baik dan digunakan untuk kemaslahatan orang banyak.

Dalam sebuah video YouTube beredar rekaman beberapa gubuk mungil yang terlihat sangat sempit. Ternyata gubuk tersebut merupakan sebuah pesantren tempat tinggal para santri di Bandar Lampung. Para santri ini rela tinggal di gubuk Pesantren Darul Atfal yang berukuran sempit demi bisa menimba ilmu agama.

Penerapan ilmu agama itu pun jelas terlihat dari seorang santri bernama Habib (14 tahun) yang membaca kitab berbahasa arab sembari duduk bersila menghadap Ustad Alok atau Arif Billah yang merupakan pemimpin pesantren Darul Atfal.

Tak hanya santrinya saja, namun Ustad Alok pun membacakan terjemahan kitab berbahasa Arab menggunakan bahasa melayu dan didengarkan dengan baik oleh para santrinya. Mereka mendalami kitab tersebut di sebuah ruangan tak berjendela dan berdindingkan warna hijau.

Dilansir dari Tribunnews, Kamis (23/06/2016) terlihat para santri lainnya tengah menunggu giliran untuk menyetorkan pemahaman mereka tentang kitab yang saat itu sedang dikaji.

Pemimpin pesantren itu pun menuturkan bahwa bangunan berwarna hijau tersebut merupakan satu-satunya tempat yang permanen untuk tempat mengaji. Kadang digunakan juga untuk tempat tidur ketika gubuk yang mereka tempati bocor karena hujan.

“Ini satu-satunya bangunan permanen di sini. Anak-anak ngaji di sini. Kadang juga dipakai untuk tidur kalau gubuk mereka bocor pas hujan,” ungkapnya.

Sudah lebih dari 3 tahun pesantren tersebut berdiri dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Luas pesantren tersebut adalah 15 x 30 meter dimana hanya terdapat satu bangunan permanen berukuran 5 x 15 meter. Sementara untuk tempat tinggal para santri, ditempatkan gubuk-gubuk mungil yang mengelilingi ruang permanen tersebut.
Baca Juga: Mengharukan! Beginilah Perjuangan Anak-Anak Afrika Untuk Bisa Belajar Al Qur’an
Semoga ada bantuan dari pemerintah maupun dari masyarakat muslim lainnya agar pesantren tersebut bisa mendapatkan bantuan biaya pembangunan untuk tempat tinggal dan belajar para santri.

Simak videonya