Subhanallah, Sering Dianggap Sial, Angka 13 Justru Menjadi Jalan Terindah Menuju Surga




Subhanallah, Sering Dianggap Sial, Angka 13 Justru Menjadi Jalan Terindah Menuju Surga

Subhanallah, Sering Dianggap Sial, Angka 13 Justru Menjadi Jalan Terindah Menuju Surga

Angka 13 seringkali dianggap sebagai angka pembawa sial oleh sebagian masyarakat dan tak jarang mereka berusaha menghindari angka tersebut. Umat islam pun sebagian mulai terpengaruh meski belum ada bukti yang secara jelas bahwa angka tersebut membawa kesialan.

Ketahuilah bahwa sebenarnya angka 13 merupakan angka yang sangat baik. Bahkan dengan angka tersebut, seorang muslim bisa ditunjukkan jalan menuju surga. Sehingga sudah menjadi keharusan bagi setiap muslim untuk mendekatinya dan bukan malah menghindar.

Angka 13 yang dimaksudkan menjadi petunjuk menuju surga adalah 13 rukun shalat dimana shalat menjadi ibadah paling utama dan penentu ibadah-ibadah lainnya.

Apa saja 13 rukun shalat tersebut?

1. Berdiri Bagi Yang Mampu

Rukun shalat yang pertama adalah berdiri bagi yang mampu. Jika tidak sanggup, maka ia boleh duduk. Jika tidak sanggup duduk, maka ia boleh berbaring.

2. Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram merupakan pengucapan lafadz “Allahu Akbar” dari lisan sembari mengangkat tangan hingga batas telinga. Selain itu di saat yang bersamaan, hati pun melafadzkan niat dengan bahasa yang dipahami.

3. Membaca Al Fatihah

Salah satu surat yang wajib dibaca saat shalat adalah surat Al Fatihah karena menjadi rukun dari 13 rukun shalat yang ada. Bahkan suatu hadist pernah menyatakan bahwa tidak ada shalat tanpa bacaan Al Fatihah.

4. Ruku’

Gerakan membungkuk ini diharuskan membentuk sudut 90 derajat dengan punggung yang rata. Untuk mengeceknya, maka kita bisa menyimpan segelas air di punggung. Jika tumpah maka ruku kita belumlah sempurna.

5. I’tidal

I’tidal merupakan kembalinya posisi tubuh setelah ruku’ dan disambung dengan mengangkat tangan serta menurunkannya kembali sehingga setiap tulang dalam keadaan lurus.

6. Sujud Dengan 7 Anggota Tubuh

Setelah I’tidal, maka kita pun merendahkan diri dengan bersujud lewat 7 anggota tubuh dimana ketujuhnya harus menempel pada permukaan lantai. 7 anggota sujud tersebut antara lain, dahi dan hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut dan kedua ujung jari kaki.

7. Duduk Diantara Dua Sujud

Rukun selanjutnya adalah duduk diantara dua sujud yang diisi dengan berbagai doa sesuai contoh Rasulullah.

8. Tumaninah

Shalat yang benar adalah shalat yang setiap gerakannya dilakukan secara tumaninah atau tenang. Ketergesa-gesaan hanya akan membuat shalat menjadi tidak khusyuk dan kacau. Karenanya tumaninah menjadi rukun shalat yang harus dilakukan oleh setiap umat islam.

9. Tertib

Maksudnya adalah setiap gerakan atau rukun shalat harus dilakukan sesuai dengan urutannya. Sebagai contoh ketika ruku, maka terlebih dahulu kita harus melakukan I’tidal. Sangat salah jika setelah ruku langsung sujud.

10. Tasyahud Akhir

Tasyahud disini merupakan lafadz bacaan yang dilakukan ketika duduk di akhir shalat.

11. Duduk Tasyahud Akhir

Duduk tasyahud akhir disebut juga dengan duduk tawarruk dimana didalamnya kita pun mengucapkan bacaan tahiyat akhir.

12. Bershalawat Kepada Nabi

Salah satu waktu bershalawat yang diwajibkan adalah ketika di akhir shalat dan bacaan shalawatnya pun sudah sangat jelas.

13. Dua kali salam

Rukun yang terakhir adalah mengucapkan salam sembari menoleh ke kanan dan ke kiri secara maksimal. Hal itu juga menjadi penutup dari shalat yang kita lakukan.

Baca Juga:


Jadi itulah angka 13 yang dapat membawa pelakunya menuju jalan ke surga. Semoga kita semua bisa mendekati angka tersebut lewat pengamalan yang benar dan tidak terjebak dengan mitos-mitos yang sebetulnya tidak beralasan.

Wallahu A’lam




loading...