Meski Remeh, Yang Dilakukan Pasangan Suami Istri Ini Bisa Bernilai Besar Di Hadapan Allah




Meski Remeh, Yang Dilakukan Pasangan Suami Istri Ini Bisa Bernilai Besar Di Hadapan Allah

Meski Remeh, Yang Dilakukan Pasangan Suami Istri Ini Bisa Bernilai Besar Di Hadapan Allah

Menikah merupakan salah satu anjuran Rasulullah yang memiliki banyak keutamaan. Tak hanya terhindar dari maksiat, bahkan berbagai pahala bisa didapat dengan mudah hanya dari hal-hal yang sangat sepele.

Apa saja hal remeh yang dilakukan suami istri namun memiliki keutamaan yang besar dalam pandangan Allah?

1. Saling Pandang

Jika dalam pacaran saling pandang bisa menjadi mata panah yang mampu mengarah pada dosa, maka ketika seseorang telah menikah, saling memandang justru akan mendatangkan rahmatNya.

Dari Abu Said Al Khudri, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah bersabda,

“Sesungguhnya ketika seorang suami memperhatikan istrinya dan istrinya memperhatikan suaminya, maka Allah memperhatikan mereka berdua dengan perhatian yang penuh rahmat.”

2. Saling Menggenggam Tangan

Meski tangan suami begitu kasar karena selalu digunakan untuk mencari nafkah, namun ketahuilah bahwa sesungguhnya menggenggam tangan suami oleh istrinya akan menghapus dosa.

“… Manakala suaminya merengkuh telapak tangannya (diremas-remas) maka berguguranlah dosa-dosa suami istri itu dari sela-sela jari jemarinya.”

3. Membelai Istri

Rumah tangga yang harmonis adalah rumah tangga yang di dalamnya seorang suami bisa berkasih sayang kepada istrinya, salah satunya adalah dengan membelai istrinya. Memang sifat seorang istri sangatlah lembut dan manja sehingga mereka membutuhkan belaian yang membuatnya menjadi nyaman.

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam biasa setiap hari tidak melupakan untuk mengunjungi kami (para istrinya) seorang demi seorang. Beliau menghampirinya dan membelainya, sekalipun tidak mencampurinya, sehingga sampai ke tempat istri yang tiba gilirannya, lalu bermalam di situ.” (HR Abu dawud)

4. Membantu Pekerjaan Rumah Istri

Tahukah bahwa ketika membantu pekerjaan rumah seorang istri, suami akan mendapatkan pahala yang sangat besar. Bahkan hal ini menjadi sebuah sunah Rasul yang biasa Rasulullah kerjakan ketika berada di rumah.

Aisyah ditanya oleh Al Aswad bin Yazid, “Apa yang bisa dilakukan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di dalam rumah?” Aisyah pun menjawab, “Beliau biasa membantu pekerjaan istrinya. Bila tiba waktu shalat, beliau pun keluar untuk mengerjakan shalat.” (HR Bukhari)

5. Bercanda

Seorang suami janganlah selalu memperlihatkan wajar yang sangat. Bercandalah dan tertawalah bersama dengan istri dan anak-anak karena sesungguhnya hal tersebut sangat baik demi kelangsungan rumah tangga. Rasulullah pun selalu bercanda bersama dengan keluarganya.

“Segala sesuatu yang dijadikan oleh anak adam adalah bathil, kecuali tiga perkara, melepaskan panah dari busurnya, latihan berkuda dan senda gurau (mula’abah) bersama keluarganya, karena itu adalah hak bagi mereka.” (HR Ath Thabrani)

Baca Juga:


Itulah hal remeh yang dilakukan suami istri namun memiliki keutamaan yang sangat besar di sisi Allah. Jangan menganggap remeh hal tersebut karena selain kelurga menjadi harmonis, Allah pun akan menaungi rumah tangga tersebut dengan rahmatNya.

Wallahu A’lam




loading...

close ini