Pengumuman Terbaru Program Pemulangan WNI Overstayer Di Saudi




Diberitahukan seluruh warga Indonesia yang berada di Arab Saudi, bahwa KJRI Jeddah membuka pendaftaran PROGRAM PERCEPATAN PEMULANGAN (P3) UNTUK WARGA INDONESIA YANG TIDAK BERDOKUMEN RESMI di Arab Saudi. Bagi yang ingin mendaftar agar memperhatikan hal-hal berikut ini:

Pengumuman Terbaru Program Pemulangan WNI Overstayer Di Saudi
Pengumuman Terbaru Program Pemulangan WNI Overstayer Di Saudi


1. Warga HARUS MENDAFTAR LANGSUNG kepada petugas KJRI Jeddah tanpa melalui perantara atau pihak mana pun.

2. Pendaftaran TIDAK DIPUNGUT BIAYA atau GRATIS. Warga yang telah dinyatakan bersih dan clear serta telah memperoleh exit dari Imigrasi Arab Suadi (Jawazat), semua biaya pemulangannya (tiket pesawat) akan ditanggung Pemerintah RI.

3. Waspada terhadap pihak-pihak yang berupaya memanfaatkan kesempatan ini untuk kepentingan pribadi, seperti tindakan penipuan, calo dsb.

4. Jika ada pihak yang mencoba mempengaruhi atau memaksa anda dengan dalih akan membantu atau mempermudah atau alasan lainnya dengan imbalan tertentu dan mengarah kepada tindakan kriminal seperti penipuan, atau ada oknum yang mengatasnamakan petugas atau staf KJRI Jeddah, harap catat identitas yang bersangkutan dan segera melaporkannya kepada petugas KJRI Jeddah dengan melampirkan bukti pendukung.

BAGAIMANA CARA MENDAFTARKAN DIRI?

1. Sebelum berangkat menuju KJRI Jeddah, harap membawa: dokumen/bukti pendukung bahwa anda adalah benar-benar WNI, seperti paspor/fotokopinya, dan/atau iqamah/fotokopi, dan/atau KTP asli/fotokopinya, dan/atau Surat Nikah Asli/Fotokopinya, dan/atau Akte lahir/fotokopinya, dan dokumen pendukung lainnya.

2. Datang langsung ke KJRI Jeddah tanpa melalui perantara pada hari kerja, Minggu sampai Kamis pukul 09.00 - 16.00. Mulai tanggal 08 Mei - 30 Juni 2016.

3. Formulir akan dibagikan GRATIS oleh petugas saat anda telah berada di ruang pendataran (Ruang Serba Guna/Basement) KJRI Jeddah.

4. Wajib menjawab pertanyaan dari petugas KJRI dengan sejujurnya dan mengisi data anda dengan sebenarnya demi kelancaran proses pengisian dan verifikasi data pada formulir dan lembar Berita Acara Pemeriksaan.

5. Pendaftar TIDAK DIWAJIBKAN MEMBAWA PAS FOTO, karena anda akan difoto langsung saat pengambilan biometrik oleh petugas imigrasi.

BAGAIMANA BAGI WNI YANG MEMBAWA ANAK?

Warga Negara Indonesia yang membawa anak harus membuktikan status anak itu melalui Surat Pernyataan yang ditandatangani oleh orang tua di atas kertas BERMATERAI 6000. Kedua orang tuanya harus hadir ketika mendaftar dan pada saat berita acara pemeriksaan oleh petugas KJRI.

Demikian pengumuman ini disampaikan agar menjadi perhatian bagi seluruh warga Indonesia yang telah overstay di Saudi dan ingin pulang ke tanah air.

KJRI Jeddah