Kenapa Mayat Harus Dikubur? Ini Alasan Ilmiahnya




Kenapa Mayat Harus Dikubur? Ini Alasan Ilmiahnya │ Kematian pasti akan dialami oleh setiap makhluk hidup dan dalam islam, Allah telah mengatur bahwa mayat haruslah dikubur. Sementara agama lain ada yang menyatakan bahwa mayat harus dibakar.

Inilah yang menjadi pertanyaan seorang mahasiswa kepada Dr Zakir Naik di salah satu acaranya. Mahasiswa tersebut bernama Harsh Wagella yang merupakan mahasiswa dari Saboo Siddique. Ia bertanya, “Setelah manusia meninggal, apakah mayat harus dikubur atau dibakar?”

Kenapa Mayat Harus Dikubur? Ini Alasan Ilmiahnya

Dr Zakir Naik menjelaskan bahwa manusia pada dasarnya memiliki unsur penyusun tubuh yang berasal dari tanah, entah dalam jumlah yang besar maupun yang kecil. Itu artinya bahwa manusia berasal dari tanah dan harus kembali ke tanah. Itu merupakan poin yang pertama kenapa mayat harus dikubur dalam tanah.

Poin yang kedua adalah bahwa membakar mayat hanya akan membahayakan lingkungan karena polusi yang ditimbulkannya. Sementara dengan mengubur dalam tanah, tidak akan menimbulkan bahaya.

Poin ketiga mengapa mayat harus dikubur adalah karena dengan mengubur, tanah akan menjadi lebih subur. Hal ini bisa dilihat bahwa di sekitar pekuburan tumbuh berbagai tanaman dengan suburnya.

Poin yang terakhir adalah dengan mengubur mayat kedalam tanah, maka biaya pemakaman akan menjadi lebih hemat. Bahkan sebenarnya kita tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak karena bumi ini tersedia luas untuk penguburan.

Sementara jika harus dibakar atau dikremasi, maka mayat membutuhkan berton-ton kayu supaya mayat terbakar dengan sempurna. Tak heran jika di India yang menerapkan sistem kremasi selalu kehilangan jutaan rupee hanya untuk membakar kayu. Sehingga kremasi hanya akan menimbulkan masalah lingkungan, bahaya dan membuang uang secara percuma.
Baca Juga: Masih Sombong Setelah Melihat Gambar-Gambar Ini?
Jadi alasan kenapa mayat harus dikuburkan sudah sangat jelas dan lebih logis diterima oleh akal yakni mencegah terjadinya bahaya lingkungan dan menghemat uang.

Wallahu A’lam