Inilah Manusia Yang Dikencingi Setan. Lihat Yang Terjadi!




Inilah Manusia Yang Dikencingi Setan. Lihat Yang Terjadi! │ Allah telah menetapkan setan untuk menjadi musuh bagi manusia. Maka tak heran jika setan terus berusaha menggoda umat manusia agar tergelincir dalam salah dan dosa. Setan pun tak akan berhenti hingga manusia mau belok dari ajaran Allah yang lurus.

Hanya manusia yang beriman kepada Allah sajalah yang mampu selamat dari godaan setan yang terkutuk. Selain itu kesadaran akan berbagai tipu daya setan menjadikan kita bisa terus waspada akan bujuk rayunya.

Inilah Manusia Yang Dikencingi Setan. Lihat Yang Terjadi!
Ilustrasi
Salah satu godaan yang dilakukan oleh setan terhadap manusia telah dijelaskan dalam hadist berikut.

“Yakni setan mampu mengencingi dan memperdaya kedua telinga manusia hingga menjadikan manusia tak mampu lagi mendengarkan perkataan baik serta lalai akan perintah Allah Ta’ala.”

Sikap seorang muslim yang lalai dari melaksanakan shalat wajib seperti shalat subuh dikarenakan terlalu lelap dalam tidurnya pun merupakan pengaruh dari kencing setan. Keterangan ini terdapat dalam riwayat Ibnu Mas’ud yang mengatakan kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam,

“Disebutkan tentang seorang laki-laki yang tidur semalaman hingga waktu pagi (kehilangan waktu subuh). Maka Rasulullah bersabda, “Laki-laki itu telah dikencingi setan pada kedua telinganya.” (HR Bukhari Muslim)

Beberapa ulama menyatakan bahwa maksud dari “mengencingi” adalah bahwa setan telah berhasil melakukan tipu dayanya terhadap manusia sehingga bukan kencing dalam arti sebenarnya. Setan amat bergembira karena telah bisa menggoda manusia untuk ingkar kepada perintah Allah.

Sementara penjelasan Al Qadhiyadh menyatakan bahwa setan memang benar-benar mengencingi telinga manusia sehingga hasilnya adalah tidak mampu mendengar suara adzan subuh hari ataupun menerima kebenaran.

Mengingat setan termasuk makhluk ghaib, maka sudah sepantasnya bagi seorang muslim untuk selalu waspada akan godaannya dengan cara melakukan amal shaleh dan menjaga diri lewat dzikir. Sehingga setan yang tadinya hendak menggoda menjadi enggan dan kabur.

Adapun terlambat melaksanakan shalat subuh dikarenakan godaan yang susah untuk dienyahkan, maka berdasarkan hadist Rasulullah, orang tersebut harus tetap melaksanakan shalat subuh yang telat tersebut ketika ingat dikarenakan besarnya dosa bagi siapa saja yang berani meninggalkan shalat.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “jika salah seorang di antara kalian tertidur atau lalai dari shalat, maka hendaklah ia shalat ketika ia ingat. Karena Allah berfirman (yang artinya), ‘Kerjakanlah shalat ketika ingat.’” (HR Bukhari dan Muslim)

Maka sudah sangat jelas bahwa tipuan dan godaan setan sangatlah berbahaya dan mengancam kehidupan kita tak hanya di akhirat, namun di dunia pun sudah terasa lewat berbagai jalan seperti maksiat, malas dan ingkar akan perintah Allah.
Baca Juga: Begini Cara Melepaskan Ikatan Setan Saat Tidur
Oleh karenanya, mari kita bentengi diri dengan keimanan dan berbagai amalan shaleh yang ikhlas karena Allah. Sehingga Allah pun melindungi diri kita dari bujuk rayunya yang buruk.

Wallahu A’lam





loading...

close ini