Inilah Doa Terbaik Rasulullah Di Pagi Dan Petang

Inilah Doa Terbaik Rasulullah Di Pagi Dan Petang

author photo
Inilah Doa Terbaik Rasulullah Di Pagi Dan Petang │ Doa menjadi sebuah kekuatan bagi seorang muslim dan doa pula telah dianjurkan oleh Allah sebagai bentuk kebutuhan diri kepadaNya.

Sesungguhnya setiap orang bebas memanjatkan doa apa saja dan dengan bahasa apa saja karena Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. Meskipun begitu, Rasulullah selalu merutinkan sebuah dosa yang ia panjatkan setiap pagi dan petang.

Inilah Doa Terbaik Rasulullah Di Pagi Dan Petang

Dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tidak pernah meninggalkan doa ini, entah di pagi hari ataupun di sore atau petang.

اللهم إني أسألك العافية في الدنيا والآخرة اللهم إني أسألك العفو والعافية في ديني ودنياي وأهلي ومالي

(Allahumma inni as-alukal 'afiyah fiddunya wal akhiroh. Allahumma inni as-alukal 'afwa wal 'afiyah fi diniy wa dunyaya wa ahliy wa maliy)

"Ya Allah aku memohon kepada-Mu keselamatan baik di dunia dan akherat, Ya Allah aku memohon kepada-Mu ampunan, juga keselamatan dalam agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku”.

Sementara dalam hadist riwayat Tirmidzi, Muadz bin Rifa’ah menyebutkan bahwa bahwa suatu hari Abu Bakar berdiri di atas mimbar dan kemudian menangis serta berkata: Sungguh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berdiri di atas mimbar pada hijrah yang pertama. Setelah itu beliau menangis dan bersabda: “Mintalah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala ampunan (afwa) dan keselamatan (afiyah). Sesungguhnya seseorang tidak diberikan sesuatu setelah keyakinan (iman) yang lebih baik dari keselamatan (afiyah).

Adapun teks doa yang dibacakan oleh Abu Bakar radhiyallahu ‘Anhu yakni,

"اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ"

Allahumma inni as-alukal 'afwa wal 'afiyah.

Secara bahasa, afiyat memiliki arti perlindungan dari Allah bagi hambaNya atas segala macam tipu daya dan bencana.

Dalam hadist lain diterangkan juga tentang keutamaan dari doa tersebut bagi seorang hamba, sebagaimana hadist dari Abi Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu.

Sesungguhnya Rasulullah bersabda, “Tidak ada doa yang dipanjatkan oleh seorang hamba yang lebih baik dari ‘Ya Allah aku memohon kepadamu afiyat di dunia dan akhirat.” (HR Ibnu Majah)

Sementara dalam hadist dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda: “Doa diantara adzan dan iqomah tidak akan ditolak.” Para sahabat kemudian bertanya: “Lantas doa apakah yang harus kami ucapkan Ya Rasulullah?” Rasulullah kemudian menjawab: “Mintalah afiyat/ keselamatan di dunia dan akhirat.” (HR Tirmidzi)

Baca Juga:


Itulah doa terbaik Rasulullah yang tidak pernah dilewatkan sedikitpun setiap pagi dan petang. Semoga kita semua bisa mengamalkan doa dari Rasulullah yang memiliki banyak keutamaan tersebut. Aamiin

Next article Next Post
Previous article Previous Post