Ini 15 Fakta Mengapa Gerakan Menghafal Qur’an Di Indonesia Bisa Berkembang Pesat




Ini 15 Fakta Mengapa Gerakan Menghafal Qur’an Di Indonesia Bisa Berkembang Pesat

Ini 15 Fakta Mengapa Gerakan Menghafal Qur’an Di Indonesia Bisa Berkembang Pesat

Indonesia kini menjadi sorotan dunia internasional dikarenakan sejumlah prestasi yang berhasil diraih oleh anak muda Indonesia dalam bidang Tahfidz Qur’an. Tak salah jika banyak yang menyebutkan bahwa Indonesia menjadi tempat yang cocok untuk bisa menghafal Al Qur’an.

Ternyata memang terbukti Indonesia memiliki fakta konkrit yang menguatkan bahwa gerakan penghafal Qur’an akan berkembang pesat di Indonesia. Berikut beberapa faktanya.

1. Sekolah islam seperti SDIT, SMIT dan SMAIT memberlakukan Tahfidz Qur’an sebagai mata pelajaran wajib.

2. Di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta juga memberlakukan studi Tahfidz Qur’an sebagai mata pelajaran wajib.

3. Pondok pesantren khusus Al Qur’an telah menjadikan hafalan Al Qur’an sebagai pelajaran wajib.

4. Bermunculannya pondok pesantren Al Qur’an di berbagai daerah.

5. Dalam kurun minimal satu tahun selalu diadakan berbagai acara musabaqah tahfidz qur’an dalam berbagai tingkatan daerah seperti kecamatan, kabupaten hingga provinsi dengan jumlah peserta yang semakin meningkat.

6. Di kampus atau di halaqah taklim sering diadakan pembinaan untuk tahfidz Al Qur’an.

7. Banyak madrasah diniyah yang juga menjadikan hafalan qur’an sebagai pelajaran wajib.

8. Banyak buku metode menghafal Al Qur’an yang sudah banyak beredar di masyarakat, baik yang ditulis oleh penulis dari Indonesia maupun terjemahan dari negara lain.

9. Berbagai pelatihan menghafal Al Qur’an banyak bermunculan dengan sasaran berbagai masjid, sekolah islam hingga instansi pemerintahan.

10. Beberapa perguruan tinggi memberikan beasiswa kepada para penghafal Al Qur’an.

11. Sekolah swasta maupun negeri memberikan keleluasaan bagi para penghafal Al Qur’an untuk masuk ke sekolah tersebut melalui jalur khusus.

12. Para Hafidz mendapatkan tempat terbaik di masyarakat dan diapreasiasi dengan baik oleh masyarakat. Beberapa diantaranya bahkan dijadikan imam masjid besar atau masjid raya yang ada di perkotaan.

13. Tahfidz Qur’an menjadi bagian dari acara siraman rohani yang ditayangkan oleh berbagai TV Nasional.

14. Media telah menempatkan para Hafidz dalam kedudukan yang telah mengharumkan nama negara dengan prestasi yang sangat luar biasa.

15. Video ataupun audio hafalan Al Qur’an dari imam besar Timur Tengah telah banyak diperdengarkan oleh masyarakat, baik dari komputer, VCD maupun ponsel.

Baca Juga:


Itulah 15 fakta mengapa gerakan menghafal Al Qur’an semakin berkembang pesat di Indonesia. Semoga kita juga menjadi bagian dalam perkembangan Kalamullah tersebut. Aamiin





loading...

close ini