Allahu Akbar, Jum'at 27 Mei 2016, Matahari Tepat Berada Di Atas Ka'bah. Segera Koreksi Arah Kiblat Masjid Di Tempat Kita!




Allahu Akbar, Jum'at 27 Mei 2016, Matahari Tepat Berada Di Atas Ka'bah. Segera Koreksi Arah Kiblat Masjid Di Tempat Kita!

Allahu Akbar, Jum'at 27 Mei 2016, Matahari Tepat Berada Di Atas Ka’bah. Segera Koreksi Arah Kiblat Masjid Di Tempat Kita!

Tanggal 27 Mei 2016 esok hari akan menjadi hari yang sangat istimewa karena pada hari tersebut matahari tepat berada di atas Ka’bah. Dengan demikian waktu dan hari tersebut sangat tepat untuk menentukan arah kiblat yang benar dan menjadi bahan koreksian untuk arah kiblat sebelumnya yang ada di masjid atau mushola seluruh dunia.

Berdasarkan keterangan Kementerian Agama, disebutkan bahwa secara astronomi matahari akan melintas tepat berada di atas Ka’bah pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA.

“Bayang-bayang benda yang berdiri tegak, pada tanggal dan jam tersebut akan mengarah tepat ke Ka’bah.” Ucap perwakilan Kemenag, Kamis (26/5/2016).

Peristiwa tersebut dikemukakan oleh Kemenag sebagai peristiwa Rashdul Qiblah yang artinya adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari akan langsung menunjuk ke arah kiblat.

Karena hal itulah, para umat muslim maupun pengurus masjid atau musholla agar segera mempersiapkan pada jam tersebut untuk melakukan penentuan arah kiblat yang tepat. Caranya adalah dengan menggunakan sebatang kayu yang benar-benar tegak dan ditancapkan di area terbuka. Selain itu permukaan tanah pun harus rata serta jam pengukuran disesuaikan dengan BMKG, RRI ataupun Telkom.

Demikian semoga menjadi perhatian untuk kalangan umat islam agar lebih tepat dalam berkiblat ke Baitullah. Wallahu A’lam




loading...