9 Janji Allah Di Dunia Kepada Orang-Orang Beriman




9 Janji Allah Di Dunia Kepada Orang-Orang Beriman │ Di dalam Al Quran diterangkan berbagai janji Allah kepada orang-orang yang beriman yang terdiri dari janji akhirat dan janji dunia. Janji akhirat meliputi berbagai kenikmatan hidup kekal di surga dan janji ini tak terhitung banyaknya.

Namun untuk janji dunia, kita bisa urutkan jumlahnya dan bisa kita identifikasi jenis janjinya. Kurang lebih ada 9 hal yang dijanjkan Allah bagi orang-orang beriman di dunia. Nah, apa sajakah 9 hal yang dijanjikan Allah kepada orang beriman di dunia tersebut?

9 Janji Allah Di Dunia Kepada Orang-Orang Beriman

1. Diberikan Pertolongan

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman: “… Dan Kami selalu berkewajiban menolong orang-orang yang beriman.” (QS. Ar Ruum: 47)

2. Diberikan Pembelaan

Firman-Nya: ”Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang ber¬iman…” (QS. Al-Hajj:38)

3. Diberikan Perlindungan

Firman Allah dalam Al Qur’an: ”Allah Pelindung orang-orang yang beriman…. ” (QS. Al Baqarah: 257)

4. Diberikan Petunjuk

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya Allah adalah Pemberi petunjuk bagi orang- orang yang beriman kepada jalan yang lurus. ” (QS. Al Hajj: 54)

5. Tidak Dapat Dikalahkan Oleh Orang Kafir

Firman Allah Ta’ala: “Dan Allah sekali-kali tidak akan memberi jalan kepada orang-orang kafir.” (QS. An Nisa: 141)

6. Dijadikan Penguasa Di Muka Bumi

Firman-Nya: “Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman diantara kamu dan mengerjakan amal-amal saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan berkuasa orang-orang sebelum mereka, dan sungguh Dia akan meneguhkan (memberikan kemapanan) agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka.” (QS. An Nur: 55)

7. Dibukakan Keberkahan Dari Langit Dan Bumi

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.” (QS. Al A’raaf: 96)

8. Diberikan Kekuatan

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, ”Padahal kekuatan (kemuliaan) itu hanyalah bagi Allah bagi Rasul-Nya, dan bagi orang-orang yang beriman (mukmin).” (QS. Al Munafiquun: 8)

9. Diberikan Kehidupan Yang Baik

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, “Barangsiapa mengerjakan amal saleh baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya Kami akan berikan kepadanya kehidupan yang baik.” (QS. An Nahl: 97)

Demikian 9 hal yang dijanjikan Allah bagi orang-orang yang beriman di dunia. Sungguh janji yang akan membuat orang-orang beriman berada dalam kesejahteraan. Namun pertanyaannya sekarang, mengapa banyak kaum muslim yang hidupnya miskin dan menderita? Bukankah Allah tidak akan pernah menyalahi janji-Nya?

Sebelum kita berprasangka lebih jauh, ada dua hal yang perlu kita perhatikan. Hal yang pertama adalah kesembilan janji itu Allah dikhususkan bagi orang-orang yang beriman. Jadi ada syarat yang harus dipenuhi agar janji itu berubah nyata. Syarat tersebut adalah berimannya seseorang dengan sebenar-benarnya iman, bukan iman yang hanya ada dalam pengakuan bibir semata.

Jadi jika kita masih hidup menderita, hidup di bawah jajahan bayang-bayang orang lain, maka kita tinggal bertanya benarkah pengakuan iman kita selama ini? Sudah selaraskah pengakuan iman kita dengan amal perbuatan yang kita lakukan? Atau mungkin bibir mengaku iman, namun perilaku masih bergelut dengan kemaksiatan?

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah yang namanya kemuliaan dari Allah bukan melulu soal harta benda yang melimpah. Banyak orang kafir yang diberikan harta benda bertumpuk-tumpuk namun semua itu bukanlah karena Allah memuliakan mereka. Itu semua justru merupakan sindiran dari Allah. Allah mengantar semua keinginan hawa nafsu mereka di dunia, namun tiada bagian bagi mereka di akhirat kecuali api yang menyala-nyala.

Sedangkan orang beriman, walaupun hidupnya sederhana namun hatinya selalu tenang dengan kesederhanaan tersebut. Allah menyisipkan rasa cukup dalam hatinya, hingga mereka selalu mengucap syukur atas rizki yang dianugerahkan Allah.

Wallahu A’lam

Baca Juga: