Masya Allah, Ini Amalan Agar Dicintai Orang Banyak




Masya Allah, Ini Amalan Agar Dicintai Orang Banyak │ Dicintai banyak orang merupakan salah satu anugerah hidup yang besar. Dengan dicintai banyak orang, tentunya ketika kita tersandung kerikil kehidupan maka akan banyak yang mengulurkan tangan memberikan bantuan. Hingga kesulitan hidup yang datang menerjang pun akan terasa ringan dijalani. Karenanya, banyak manusia yang berusaha dengan segala cara agar dirinya dicintai orang banyak.

Namun, tak selamanya cara-cara yang ditempuh sesuai dengan syariat islam. Misalnya dengan cara cari muka yang lain di hati lain di wajah. Praktek cari muka biasanya dilakukan bawahan pada atasan. Demi sang atasan dia rela melakukan apa saja, bahkan mengorbankan keselamatan dirinya sekali pun.

Masya Allah, Ini Amalan Agar Dicintai Orang Banyak

Tujuannya agar sang atasan menaruh hati padanya hingga karir atau jabatannya melesat. Orang yang cari muka pada atasan biasanya tega pula merendahkan dan menjelekkan orang lain di hadapan sang bos. Pokoknya sikut kanan sikut kiri rela di lakoninya asal dia menjadi orang kepercayaan nomor satu.

Akan tetapi saudaraku, cara ini menjadikan diri kita termasuk dalam kategori munafik. Nominasi kategori yang tentunya tidak akan mampu mengantarkan kita pada kebahagiaan hakiki. Maka hindarilah jauh-jauh cara ini.

Cara kedua yang sering dipakai masyarakat awam adalah memakai ajian pengasihan atau ilmu pelet. Ilmu tersebut dapat mengeluarkan aura tertentu pada orang yang memakainya hingga orang-orang yang ada di sekelilingnya menaruh empati. Namun jika cara kedua ini ditempuh, kita akan termasuk kedalam kategori orang-orang musyrik, yang percaya dan menggantungkan diri pada kekuatan lain selain kekuatan Allah. Cara ini pun justru akan mengantarkan kita pada kebinasaan.

Sebenarnya islam sudah mengajarkan cara yang sesuai syariat untuk meraih cinta banyak orang. Cara tersebut yakni menjadi insan bertakwa yang mengamalkan setiap perintah-Nya dan menjauhi setiap larangan-Nya. Dengan menjadi insan yang bertakwa, InsyaAllah kita dapat meraih cinta dari Allah. Jika cinta dari Allah sudah kita raih, maka Allah-lah yang akan membuat seluruh manusia mencintai diri kita.

Keterangan ini bisa kita lihat dalam sebuah hadist yang diterima dari Abu Hurairah, dimana Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala apabila mencintai seorang hamba, Dia akan memanggil Jibril. “Sesungguhnya Allah mencintai si A, maka cintailah dia”. Lalu Jibril pun mencintainya. Kemudian Jibril mengumumkan kepada seluruh penghuni langit: “Sesungguhnya Allah mencintai si A, maka cintailah dia.” Akhirnya para penduduk langit mencintainya. Lalu dia dibuat bisa diterima oleh para penduduk bumi.” (HR. Bukhari dan Ahmad)

Jadi resep agar dicintai manusia adalah dengan mencari cinta Allah terlebih dahulu. Caranya? Dengan mengamalkan kesholehan-kesholehan. Maka janganlah kita menghalalkan segala cara mencari cinta manusia. Jika demikian, justru Allah akan membuat banyak orang membencinya. Banyak dari kita melakukan pelanggaran agama hanya demi menggapai cinta manusia. kita terlalu takut jikalau masyarakat memusuhi kita.

Padahal ummul mukminin, Aisyah Radhiyallahu ‘Anha berkata, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Siapa yang mencari ridha Allah meskipun dimusuhi masyarakat, maka Allah akan meridhainya dan Allah akan buat masyarakat menjadi ridha kepadanya. Sebaliknya, siapa yang mencari keridhaan manusia dengan mengundang murka Allah, maka Allah akan murka kepadanya dan Allah akan membuat masyarakat murka kepadanya." (HR. Ibnu Hibban).

Baca Juga:


Maka janganlah kita sibuk beramal mengejar cinta manusia. Tapi gapailah cinta Allah, niscaya kita pun dicintai banyak orang.

Wallahu A’lam