Innalillahi, KH Ali Mustafa Yaqub (Imam Besar Masjid Istiqlal) Meninggal Dunia




Innalillahi, KH Ali Mustafa Yaqub (Imam Besar Masjid Istiqlal) Meninggal Dunia

Innalillahi, KH Ali Mustafa Yaqub (Imam Besar Masjid Istiqlal) Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari ibukota karena hari ini umat islam telah kehilangan sosok ulama yang dahulunya menjadi Imam Besar Masjid Istiqlal yakni KH Ali Mustafa Yaqub.

Dilansir dari Republika, KH Ali Mustafa Yaqub meninggal pada kamis pagi (28/4/2016) di Rumah Sakit Hermina yang berada di Ciputat.

Salah seorang murid sekaligus sahabatnya, M Syarif Hidayatullah membenarkan tentang kabar duka tersebut dan mengatakan bahwa tidak ada yang menyangka jika Kiai Yaqub telah menghadap illahi.

Profil KH Ali Mustafa Yaqub

Bernama lengkap Prof.DR.KH Ali Mustafa Yaqub, MA, beliau lahir di Batang Jawa Tengah tanggal 2 Maret 1952. Semasa kecil ia memiliki cita-cita untuk melanjutkan pendidikannya. Namun setelah tamat SMP ia justru diarahkan untuk belajar di pesantren. Maka di tahun 1966, ia pun menjadi santri di Pondok Seblak Jombang hingga tahun 1969.

KH Ali Mustafa Yaqub kemudian pindah ke pesantren Tebu Ireng Jombang yang hanya berjarak beberapa ratus meter dari pesantrennya dahulu. Dengan tekadnya untuk belajar, akhirnya ia pun bisa melanjutkan pendidikan formal di Fakultas Syariah Universitas Hasyim Asy’ari. Selain itu ia juga menekuni kitab kuning di bawah asuhan beberapa kiai ternama seperti almarhum KH Idris Kamali, Almarhum KH Adlan, KH Shobari dan Almarhum KH Syansuri Badawi. Tak lupa ia juga mengabdi di pesantren tersebut dengan menjadi pengajar bahasa Arab pada awal tahun 1976.

Pada tahun 1976, ia melanjutkan pendidikan formalnya ke Saudi Arabia dengan memilih Fakultas Syariah Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, Riyadh. Setelah itu melanjutkan ke Universitas King Saud dengan memilih jurusan Tafsir dan Hadits hingga mendapatkan gelar Master pada tahun 1985.

Ketika pulang kembali ke tanah air, beliau menyebarkan ilmunya dengan menjadi pengajar di Institut Ilmu Al Qur’an, Institut Studi Ilmu Al Quran, Pengajian Tinggi Islam Masjid Istiqlal, Pendidikan Kader Ulama MUI, Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Al Hamidiyah dan menjadi guru di IAIN Syarif Hidayatullah. Bahkan di tahun 1989, ia bersama dengan keluarga mendirikan pesantren Darus Salam di desa kelahirannya.

Selain aktif menjadi penulis, beliau juga menjadi anggota komisi Fatwa MUI Pusat dan anggota dewan Syariah Nasional serta menjadi Imam Masjid Istiqlal.

Semoga amal ibadah KH Ali Mustafa Yaqub diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Aamiin