Fadhilah Dan Keutamaan Surat Ali Imron Ayat 26-27




Fadhilah Dan Keutamaan Surat Ali Imron Ayat 26-27 │ Al Qur’an tak hanya menjadi mukjizat bagi Nabi Muhammad karena kita sebagai umatnya pun bisa merasakan fadhilah surat-surat yang ada dalam Al Qur’an. Memang Kalamullah ini bukanlah bacaan biasa sehingga ada banyak keutamaan yang bisa diraih jika kita rutin ataupun bersungguh-sungguh membacanya.

Fadhilah Dan Keutamaan Surat Ali Imron Ayat 26-27

Selain berbuah pahala, bagi umat islam yang mendawamkan Al Qur’an akan mendapatkan keutamaan lain. Hal ini pun diperkuat dengan banyaknya hadist Rasulullah yang menyatakan tentang keutamaan suatu ayat atau surat. Salah satunya adalah surat Ali Imron ayat 26-27.

Kalimat dalam ayat tersebut begitu familiar dalam telinga kita sehingga jika pun harus dihafal, tentu akan mudah untuk mengingatnya.

Fadhilah Dan Keutamaan Surat Ali Imron Ayat 26-27

Lantas apa saja keutamaan ataupun fadhilah dari surat Ali Imron ayat 26-27 tersebut?

1. Doa Akan Menjadi Lebih Cepat Diijabah

Setiap saat dan setiap waktu kita sering berdoa agar Allah memudahkan jalan hidup kita. Tentu hal ini tidaklah salah karena jelas-jelas Allah menyuruh kita untuk berdoa dan meminta kepadaNya. Meski begitu, tak jarang kita menunggu-nunggu kenapa Allah belum juga mengabulkan doa kita sehingga muncullah sebuah keputus asaan dan menjadi enggan untuk berdoa.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah memberikan cara bagaimana agar Allah bisa lebih mengijabah doa yang kita panjatkan. Salah satunya adalah dengan menyematkan kalimat dalam surat Ali Imran ayat 26-27 sebagaimana sabdanya:

“Ismul A’dzom (nama Allah yang agung) yang mana apabila seseorang memohon kepada Allah dengan nama tersebut, niscaya Allah akan mengabulkan permohonannya, yaitu ayat yang terdapat pada surat Ali Imron (26-27).” (HR Thabrani)

2. Allah Beri Jalan Keluar Lunasi Hutang

Dalam hidup terkadang berhutang kepada orang lain sudah menjadi kebutuhan karena memang penghasilan yang tidak mencukupi. Hutang pun kian hari kian membesar sehingga kita terkadang tak mampu membayarnya. Tentu saja kegelisahan akan melanda karena yang memberi hutang akan menagih haknya. Namun jika si penghutang merupakan seorang yang tidak toleran, maka kita pun akan gelisah karena terus dituntut untuk segera melunasi secepatnya.

Jika sudah seperti, maka berusaha dan berdoa menjadi satu-satunya jalan untuk bisa keluar dari jeratan hutang. Salah satu yang Rasulullah sarankan adalah dengan mendawamkan surat Ali Imron ayat 26-27 sebagaimana sabdanya kepada sahabatnya, Muadz.

“Wahai Muadz! Maukah engkau kuajari suatu doa yang mana seandainya engkau mempunyai tanggungan hutang sebesar gunung uhud, kemudian engkau berdoa dengan doa tersebut, niscaya Allah akan membayar hutangmu.

Ucapkanlah “ (QS Ali Imron 26-27) kemudian ucapkan, “Wahai Dzat yang Maha Pemurah di dunia dan di akhirat, yang Maha Penyayang di dunia dan di akhirat, Engkau berhaq dan berkuasa memberikan keduanya kepada orang-orang yang Engkau kehendaki dan Engkau juga berhaq dan berkuasa menghalangi dari keduanya pada orang-orang yang Engkau kehendaki. Ya Allah limpahkanlah kasih sayangMu kepadaku, sehingga aku tidak butuh lagi dengan kasih sayang dari selain Engkau.” (HR Thabrani, Ibnu Abi Dunya)

Melihat keutamaan dan fadhilah surat Ali Imron ayat 26-27, maka sudah selayaknya bagi kita untuk mendawamkan dan menghafalnya sehingga bisa kita gunakan dalam doa sehari-hari setelah melaksanakan sholat wajib.

Baca Juga:


Semoga Allah mempermudah urusan kita lewat kebesaran dan kemurahanNya. Aamiin