Bagaimana Sebenarnya Ciri Suami Sholeh Menurut Islam? Ini Jawabannya




Bagaimana Sebenarnya Ciri Suami Sholeh Menurut Islam? Ini Jawabannya │ Setiap muslimah mengidam-idamkan pernikahan yang dinaungi oleh rahmat dan keberkahan Allah lewat suami yang sholeh. Jika belum mendapatkan, tetaplah berusaha untuk menjga kehormatan diri sembari sabar atas ketentuanNya. Jangan sampai diri wanita digadaikan pada laki-laki tak bertanggung jawab dengan alasan agar segera dinikahi.

Jika Allah mentakdirkan seorang laki-laki datang dengan sengaja mengutarakan untuk melamar, jangan segera diterima dan jangan pula ditolak secara tiba-tiba. Lihat dan pertimbangkanlah akhlak serta sisi agamaNya. Diskusikan dengan keluarga sembari memohon kepada Allah agar diberikan keputusan yang terbaik.

Bagaimana Sebenarnya Ciri Suami Sholeh Menurut Islam? Ini Jawabannya

Sebagai bahan pertimbangan, KH Muhammad Arifin Ilham telah memberikan 5 ciri suami sholeh yang harus kita ketahui. Karena dengan mengetahuinya, seorang wanita muslimah bisa lebih yakin akan pilihannya.

1. Istiqomah Dalam Beribadah

Sebagai seorang muslimah, tentu mengharapkan suami yang mampu membimbingnya baik dunia maupun akhirat. Oleh karenanya selidiki calon pasangan kita dengan jalan bertanya kepada sahabatnya, teman atau keluarga yang dekat dengannya. Jika perlu tanyakan pula kepada para tetangga tentang keseharian dari calon suami tersebut.

Tanyakan apakah ia merupakan seorang yang senantiasa menjaga shalat berjamaahnya atau tidak? Apakah ia juga senantiasa bersegera ketika adzan berkumandang? Dan apakah ia juga merupakan seorang anak yang berbakti kepada orang tuanya?

2. Shalat Tepat Waktu

Meski banyak muslim laki-laki yang selalu mengerjakan shalat, namun akan lebih baik jika bisa mendapatkan suami yang senantiasa menjaga ketepatan waktu dalam shalat. Perhatikan wajahnya sesaat apakah ada bekas air wudhu yang membuat wajahnya menyejukkan ketika dipandang? Karena sesungguhnya imam keluarga yang senantiasa menjaga shalatnya, maka ia merupakan seorang yang peka untuk menyelamatkan keluarganya dari siksa neraka.

3. Rendah Hati

Suami yang sholeh tidak akan bersikap sombong karena ia memahami kekurangan dirinya. Ia pun sadar bahwa apa yang ada di dunia ini baik harta, fisik dan keturunan merupakan karunia Allah yang harusnya disyukuri.

4. Perhatian

Suami yang baik dalam islam akan menjaga perhatiannya terhadap Allah dan Rasulullah lewat mengamalkan segala perintah Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah. Ia pun mengaplikasikannya lewat perhatian kepada keluarga dan kepada lingkungan. Dengan begitu laki-laki pun nanti akan perhatian terhadap sikap dan ibadah istrinya agar selaras dengan ketentuan Allah.

5. Dermawan

Cara menjadi suami yang sholeh adalah dengan bersikap dermawan. Akan tetapi sikap ini bukanlah menghambur-hamburkan harta dalam jalan yang tidak jelas. Justru harta yang ada padanya, ia keluarkan untuk kepentingan agama. Ia pun rajin berikhtiar demi bisa menafkahi keluarga secara maksimal. Jika sudah begitu, harta yang Allah titipkan padanya akan penuh dengan keberkahan.
Baca Juga: Ini 15 Ciri Suami Idaman. Muslimah Wajib Baca!
Itulah 5 ciri suami sholeh menurut Islam yang harus diusahakan oleh setiap muslim laki-laki dan dijadikan pertimbangan oleh para muslimah yang belum menikah. Sehingga kehidupan rumah tangga yang akan dijalani bisa ada dalam naungan Allah Ta’ala.





close ini