Cara Packing Dan Tips Persiapan Sebelum Berangkat Umroh




Setiap umat muslim harus mengetahui persiapan sebelum berangkat umroh. Hal ini diperlukan agar ketika berada di Tanah Suci, ibadah yang dilakukan bisa lebih maksimal dan tentunya tidak membuat pikiran menjadi terganggu karena kurangnya pembekalan baik dari segi lahiriah maupun batiniyah.

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana tips melakukan persiapan sebelum berangkat umroh yang harus diketahui semua anggota jamaah umroh yang telah pasti berangkat.

Cara Packing Dan Tips Persiapan Sebelum Berangkat Umroh

Persiapan Sebelum Berangkat Umroh

Persiapan Ruhani

1. Ibadah umroh yang dilakukan harus dilakukan semata-mata karena Allah Ta’ala. Dengan niat yang benar dan lurus, maka insyaAllah ibadah umroh yang dilakukan akan dimudahkan oleh Allah.

2. Setiap umat muslim diharuskan bertaubat entah itu bagi yang segera melaksanakan umroh ataupun tidak. Sudah banyak kejadian yang memperlihatkan bagaimana kelakuan jelek kita di tanah air dibalas langsung oleh Allah di Tanah Suci tersebut. Karenanya selain melakukan taubat kepada Allah, kita pun sebaiknya bersilaturahmi dan meminta maaf kepada keluarga, tetangga ataupun orang yang pernah kita sakiti.

3. Pelajari setiap hal yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah umrah agar jangan sampai hal yang dilarang ketika umroh justru kita lakukan. Kita pun harus mengetahui beberapa tata cara ibadah selama perjalanan menuju Baitullah seperti cara tayamum, mengerjakan sholat dalam pesawat, atau tata cara melakukan sholat sunat yang bisa dilakukan di Makkah dan Madinah.

4. Bagi yang memiliki hutang, alangkah baiknya melunasi dahulu hutang tersebut. Selain itu bagi kepala keluarga, sudah seharusnya mempersiapkan keperluan keluarga di rumah ketika melakukan ibadah umroh nanti.

5. Merutinkan amalan wajib dan sunah semenjak di tanah air sehingga ketika berada di Tanah Suci akan terbiasa melaksanakannya. Pada akhirnya amalan-amalan tersebut bisa terbiasa dilakukan setiap hari.

Persiapan Fisik

Ibadah umroh bukanlah ibadah yang ringan karena akan banyak aktivitas fisik yang dilakukan di sana. Namun ternyata dari data pemerintah, kebanyakan yang melakukan umroh ataupun haji biasanya adalah mereka yang berumur lanjut yaitu sekitar 60 tahun ke atas. Sementara hanya sedikit saja umat islam berumur 50 tahun kebawah yang melakukan umroh.

Untuk itu perlu adanya persiapan sebelum berangkat umroh berupa ketahanan fisik, diantaranya:

1. Melakukan olahraga ringan seperti lari kecil atau jalan-jalan setiap pagi sehingga kebugaran tubuh terjaga.

2. Senantiasa mengkonsumsi multivitamin untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

3. Jika memang telah sangat lanjut usia, ada baiknya jika jamaah umroh yang lebih muda bisa membantu jamaah umroh tersebut. Dengan begitu akan bertambah pahala ketika beribadah ke Tanah Suci.

4. Konsultasikan kesehatan secara rutin kepada dokter apakah memerlukan tambahan obat ataukah tidak.

Cara Packing perlengkapan umroh

Selain melakukan persiapan berupa jasmani dan rohani, kita pun harus menyiapkan perlengkapan umroh sehingga tidak ada yang ketinggalan. Apalagi jika waktu keberangkatan hanya dalam hitungan minggu atau hari saja.

Berikut adalah beberapa kelengkapan umroh bagi pria maupun wanita

Perlengkapan Umroh Untuk Pria

1. 2 stel baju takwa
2. 2 stel celana panjang
3. 2 buah sarung
4. 1 stel baju ihram beserta sabuk. Perlengkapan ini biasanya sudah diberikan oleh biro perjalanan ketika pelunasan.
5. 2 hingga 3 buah kaos oblong yang nantinya bisa dicuci sehingga tidak memerlukan banyak kaos.
6. 1 buah jaket yang berguna ketika cuaca dingin atau ketika berada di ruang tunggu bandara yang ber-AC
7. Alat cukur dan peralatan mandi
8. Obat-obatan ringan

Perlengkapan Umroh Untuk Wanita

1. 3 stel baju
2. 1 buah mukena atasan
3. 2 buah sarung tangan
4. Kaos kaki
5. Baju ihram
6. Baju tidur
7. Peralatan mandi
8. Obat-obatan

Biasanya umroh dilakukan dalam masa 9 hingga 12 hari sehingga jika kelengkapan diatas masih dirasa kurang, bisa ditambahkan.

Aturan Cara Packing Perlengkapan Umroh

Ketika kita telah melunasi pembayaran umroh, pihak penyedia akan memberikan tas troli, tas tenteng dan tas kecil. Tas yang kecil berguna untuk tempat menyimpan pasport dan buku doa dimana biasanya dikalungkan di leher. Sementara tas tenteng diisi oleh pakaian ihram untuk memudahkan pencarian ketika melakukan niat umroh di Mekkah nanti. Dan sisanya dimasukkan dalam tas troli.

Ketika semuanya telah siap, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut agar pemeriksaan tas lebih mudah dan tidak mengalami hambatan.

1. Pastikan untuk mencantumkan nama dan alamat di luar semua tas sehingga tidak tertukar.

2. Semua benda logam dan tajam dimasukkan dalam tas troli

3. Berbagai bahan cairan yang isinya melebihi 100 ml harus dimasukkan dalam troli guna dibagasikan.

4. Beban koper atau troli maksimal 20 kg per satu orang sehingga jika lebih dari itu akan dikenakan biaya tambahan. Biasanya kelebihan ini terjadi saat pulang dari umroh karena membawa banyak oleh-oleh.
Baca Juga: Ini Beberapa Tips Haji Dan Umroh Yang Wajib Diketahui
Demikian cara packing dan tips persiapan sebelum berangkat umroh yang harus diketahui dan segera dilaksanakan, terutama oleh mereka yang akan berangkat. Semoga keberangkatan umroh menuju Tanah Suci dimudahkan oleh Allah Ta’ala. Aamiin