Lebih Utama Mana, Mekah atau Madinah?




Lebih Utama Mana, Mekah atau Madinah?

Lebih Utama Mana, Mekah atau Madinah?


Pak ustadz, saya pernah ditanya cucu saya mengenai kota suci Mekah dan Madinah.  Di antara dua kota suci tersebut mana yang lebih utama, Mekah atau Madinah? Mohon penjelasannya. Terima kasih. Wassalamu ‘alaikum wr. wb. (Bambang/Semarang)

Jawaban

Assalamualaikum wr. wb

Penanya yang budiman, semoga selalu dirahmati Allah SWT. Makkah dan Madinah merupakan kota suci bagi umat Islam, keduanya mempunyai kedudukan sangat viral dalam sejarah Islam. Rasulullah SAW lahir di Mekah dan wafat di Madinah. Kedua tanah suci mempunyai keistimewaan masing-masing.

Lantas yang jadi pertanyaan, di antara Makkah dan Madinah, mana yang paling utama? Para ulama berbeda pendapat tentang masalah ini. Sayyidina Umar RA dan beberapa sahabat berpendapat bahwa Madinah lebih utama dari Mekah. Pendapat ini dikemukakan oleh mayoritas ulama Madinah termasuk Imam Malik.

Pendapat yang kedua menyatakan, Bahwa Makkah lebih utama dari Madinah. Ini adalah pernyataan dari Imam Abu Hanifah, Imam Syafi’i, Imam Ahmad, dan mayoritas ulama. Pandangan ini juga dikemukakan oleh Ibnu Wahb, Ibnu Habib, dan Ashbagh yang juga merupakan jajaran ulama Madzhab Maliki.

فَذَهَبَ عُمَرُ وَغَيْرُهُ مِنَ الصَّحَابَةِ إِلَى تَفْضِيلِ الْمَدِينَةِ وَهُوَ قَوْلُ مَالِكٍ وَأَكْثَرُ الْمَدَنِيِّيِّنِ. وَذَهَبَ الشَّافِعِيُّ وَأَحْمَدُ وَأَبُو حَنِيفَةَ وَأَكْثَرُ العُلَمَاءِ إِلَى تَفْضِيلِ مَكَّةَ. وَبِهِ قَالَ ابْنُ وَهْبٍ وَ ابْنُ حَبِيبٍ وَ أَصْبَغُ مِنَ الْمَالِكِيَّةِ

“Sayyidina Umar dan beberapa sahabat lain berpendapat bahwa kota Madinah lebih utama. Inilah yang menjadi pegangan Imam Malik dan mayoritas ulama Madinah. Sedangkan Imam Syafi’i, Imam Ahmad, Imam Abu Hanifah, dan mayoritas ulama cenderung lebih mengutamakan kota Makkah. Pandangan ini juga dikemukakan Ibnu Wahab, Ibnu Habib, dan Ashbagh yang notabenenya adalah para ulama dari kalangan Madzhab Maliki,” (Lihat Badruddin Az-Zarkasyi, I’lamus Sajid bi Ahkamil Masjid, Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah, cet ke I, tahun 1416 H/1995 M, halaman 129).

Sekalipun terdapat perbedaan pendapat antara ulama, namun Rasulullah SAW sendiri lebih mencintai tanah suci Makkah, walaupun beliau sendiri terusir dari Makkah. Hal ini pernah beliau ungkapkan dalam sebuah hadits.

“Demi Allah! Sesungguhnya kamu ini sebaik-baik bumi Allah, dan kamu adalah bumi Allah yang paling Allah cintai. Kalaulah tidak karena kaumku mengusirku (mengeluarkanku) darimu, maka aku tidak akan keluar.” (Imam Tirmidzi berkata hadits ini shahih)

Dalam riwayat lain disebutkan:

“Sesungguhnya kamu ini sebaik-baik bumi Allah dan kamu adalah bumi Allah yang paling Allah cintai.”

Terlepas dari perbedaan pendapat tentang mana yang Lebih Utama Mana, Mekah atau Madinah?, yang jelas kedua kota tersebut merupakan kota suci yang memiliki kedudukan istimewa bagi umat Islam. Mekkah menjadi tempat kelahiran Rasulullah SAW, sedangkan Madinah menjadi tujuan hijrah dan tempat wafat Beliau SAW.

Baca Juga: Inilah 7 Keutamaan Kota Mekkah

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan. Semoga bisa dipahami dengan baik. Perbanyak doa dan meminta pada Allah SWT agar diberikan jalan dan kemudahan untuk mengunjungi kedua tanah suci. Kami selalu terbuka untuk menerima saran dan kritik dari para pembaca.

Wallahul muwaffiq ila aqwamith thariq,
Wassalamu’alaikum wr. wb


(Mahbub Ma’afi Ramadlan)




loading...