7 Cara Menghadirkan Surga Di Rumah




KabarMakkah.Com – Menghadirkan surga di rumah merupakan impian dari setiap pasangan ataupun keluarga. Namun impian tersebut haruslah direalisasikan demi mewujudkan rumah yang benar-benar menjadi sebuah surga di dunia. Sama seperti kisah si Fulan ini yang merasakan sebuah kebahagiaan ketika pulang dari kepenatan kantor.

Keringat yang bercucuran selama seharian bekerja telah membuat si Fulan ingin bersegera pulang ke rumah untuk bisa beristirahat dan menjernihkan pikirannya. Saat pintu dibuka, istri yang setia langsung menyambutnya dengan kehangatan. Anak-anaknya berdatangan dengan penuh kegembiraan. Saat masuk pun semua tertata dengan rapi dan makanan ringan serta segelas teh hangat terhidang di meja makan.

7 Cara Menghadirkan Surga Di Rumah

Sungguh beruntung kehidupan si Fulan yang memiliki rumah layaknya surga. Semua serba menyenangkan dan semua serba membahagiakan. Jauh berbeda dengan kebanyakan masyarakat saat ini yang menjadikan rumah seperti tempat untuk tidur saja. Ia bekerja seharian hingga larut malam hanya demi tuntutan karir dan keuangan semata.

Komunikasi antara suami istri sudah tidak terbangun lagi. Pun begitu juga dengan anak-anaknya yang seakan sudah kehilangan sosok sang ayah. Alhasil kesenangan dan kebahagiaan, mereka dapatkan dari sosok lain yang akhirnya membuat rumah seakan neraka di dunia.

Untuk menjadikan rumah layaknya surga, perlu ada cara yang harus setiap keluarga lakukan dan terus terapkan sehingga lambat laun akan menjadi sebuah pembiasaan.

Lantas bagaimana cara menghadirkan surga di dalam rumah?

1. Segera Miliki Sebaik-Baik Perhiasan Dunia

Sebaik-baik perhiasan dunia adalah seorang istri yang shalihah. Mungkin sudah banyak yang mengetahui kalimat tersebut dari seorang penceramah yang sekaligus menyebarkan syair-syair Islam. Namun mendapatkan istri yang shalehah bukanlah tanpa perjuangan.

Sejak awal seorang lelaki harus memilah milih calon yang akan menjadi istrinya. Salah sedikit saja dalam memilih sitri, maka akan fatal akibatnya dan rumah akan lambat laun akan seperti neraka jika tidak mampu dirubah.

Karena itu, nikahilah wanita karena keshalihannya dan kesampingkan dahulu hal yang lain karena Rasulullah telah bersabda,

“Sebaik-baik wanita adalah jika kamu memandangnya dapat membuatmu senang, jika kamu menyuruhnya maka dia selalu taat, jika kamu memberinya (uang) maka dia akan menggunakannya untuk kebaikanmu, jika kamu pergi maka dia akan menjaga dirinya dan hartamu.” (HR An Nasai)

2. Selalu Perhatikan Kebersihan Dan Keindahan Rumah

Rumah yang seperti surga adalah rumah yang didalamnya terdapat kebersihan, kerapihan serta keindahan sehingga membuat penghuninya merasa betah. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu hidup bersih dan mulai merapikan interior atau perabotan sehingga tampak menyenangkan untuk dipandang. Jangan lakukan juga untuk menunda-nunda pekerjaan rumah karena semakin ditunda, pekerjaan akan semakin bertambah.

3. Hiasi Isi Rumah Dengan Akhlakul Karimah

Rumah yang sederhana namun diisi dengan sikap anggota keluarganya yang berakhlakul karimah, maka rumah tersebut akan seperti sebuah rumah di surga. Sebuah rumah yang penuh dengan kebahagiaan karena setiap individu akan saling menghargai sebagaimana posisinya dalam keluarga.

4. Mencegah Keluarga Dari Kelaparan

Kondisi kelaparan akan membuat penghuninya mudah tersulut emosi. Belum lagi kemiskinan amat dekat dengan kekufuran. Tak salah jika suami harus berusaha memberikan nafkah yang mencukupi sehingga keluarganya terhindar dari kemiskinan.

Tak hanya suami, seorang istri pun harus memberikan hidangan yang terbaik. Namun bukan berarti harus membuat atau membeli bahan yang mahal. Yang terpenting adalah seimbang dari segi gizi.

5. Memiliki Sifat Qanaah

Hidup di dunia akan selalu merasa tidak puas. Tetangga membeli sesuatu, kita pun ingin membeli yang sama. Tetangga tengah merenovasi rumah, kita pun seakan terpanasi dan ingin melakukan yang serupa. Sifat seperti itu tidak akan habis-habisnya membuat hidup di keluarga dipenuhi dengan keributan karena istri atau anak meminta yang suami tidak mampu beri.

Karenanya sifat qanaah mesti ada dalam diri setiap keluarga karena memiliki sifat tersebut sama artinya dengan mensyukuri apa yang telah Allah berikan. Caranya telah Rasulullah sabdakan,

“Lihatlah kepada orang yang berada di bawah kalian (dalam urusan dunia) dan jangan melihat kepada yang diatas kalian (dalam urusan dunia). Hal ini lebih layak agar kalian tidak meremehkan nikmat-nikmat Allah atas kalian.” (HR Bukhari Muslim)

6. Jauhkan Setan Dari Rumah

Bentengi rumah dari godaan dan hembusan setan lewat dzikir dan ibadah lain seperti membaca Al Quran dan shalat sunnah. Jangan biarkan rumah ibarat kuburan yang sepi dari amalan karena itu bisa jadi tempat yang favorit bagi setan.

Hindari lukisan bergambar dan patung yang menjadikan setan senang bersemayam di sana. Tak lupa jaga televisi dari tontonan yang tidak mendidik.

7. Beri Tanaman Yang Menyejukkan

Surga atau Jannah ibarat sebuah kebun yang didalamnya terdapat pohon dan sungai. Gambaran surga seperti itulah yang harus diciptakan dengan cara menghiasi rumah dengan berbagai tanaman. Selain nampak sejuk dilihat, tanaman juga akan menambah kadar oksigen yang dapat membuat penghuninya menjadi sehat.

Demikian 7 cara menghadirkan surga di rumah. Dengan cara-cara tersebut, diharapkan rumah yang dihuni akan dihiasi dengan kegembiraaan dan kebahagiaan dalam naungan keberkahan serta keridhoan Allah.

Wallahu A’lam