Benarkah Jin Bisa Mengetahui Isi Hati Manusia?




KabarMakkah.Com – Dalam sebuah sesi tanya jawab di suatu majelis ilmu, seorang wanita muslimah bertanya kepada sang Ustadz, “Pak Ustadz, benarkah jin bisa mengetahui isi hati manusia?” Lantas setelah beberapa detik, ia pun melanjutkan pertanyaannya tersebut. “Soalnya kemarin saya pernah berkata dalam hati untuk menantang jin. Apakah jin itu akan terus mendekati saya?”


Benarkah Jin Bisa Mengetahui Isi Hati Manusia? Lihat Jawaban Ini

Sebuah pertanyaan yang seringkali dikemukakan oleh setiap orang dengan berbagai versi yang berbeda. Adapun jawabannya adalah seperti berikut:

1. Jin Adalah Makhluk Ghaib

Ketahuilah bahwa Jin merupakan makhluk ghaib yang juga diciptakan oleh Allah dan hanya diketahui oleh Allah saja.

Allah berfirman dalam Al Quran:

“Katakanlah bahwa tidak ada satu pun di langit dan di bumi yang tahu hal yang ghaib kecuali Allah..“ (QS An Naml 65)

Perkara yang bersifat ghaib dan dimaksud dalam ayat tersebut salah satunya adalah takdir di masa depan dan juga perkara kapan datangnya hari kiamat. Semua makhluk tidak ada yang mengetahuinya, kecuali makhluk yang telah mendapatkan wahyu seperti para Nabi dn juga malaikat yang telah Allah pilih.

Dalam Surat Jin ayat 26 dan 27, Allah menjelaskan tentang ghaibnya malaikat.

“(Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui Yang Ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorang pun tentang yang ghaib itu., kecuali kepada Rasul yang diridhai. Maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya" (QS Jin 26-27)

2. Jin Mampu Melihat Manusia, Sementara Manusia Tidak Melihat Jin

Pemahaman tentang ghaibnya iin bukan berarti bahwa ia mengetahui seluruh perkara ghaib. Kelebihan yang diperoleh jin dibandingkan manusia sama seperti antara orang yang bisa melihat dengan orang yang buta.

Orang dengan penglihatan yang normal akan bisa melihat kepada dirinya dan juga kepada orang buta. Sedangkan orang buta tidak bisa melihat dirinya ataupun orang dengan mata yang normal.

3. Benarkah Jin Tahu Isi Hati Manusia?

Dalam menjawab hal ini, Rasulullah telah memberikan jawabannya dalam hadist yang didapat dari Shafiyyah Radhiallahu ‘Anhu.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya setan mengalir di pembuluh darah manusia.” (HR Bukhari Muslim)

Dari hadist tersebut, para ulama berbeda pendapat tentang seberapa jauh jin mampu melihat isi hati manusia.

Dalam memandang hadist ini, para ulama berbeda pendapat tentang kebenaran jin yang bisa melihat isi hati manusia. Ada ulama yang menyebutkan bahwa setan atau jin bisa masuk ke dalam hati manusia. Ada juga ulama yang menyebutkan bahwa jin tidak dapat melihat isi hati manusia.

Sebenarnya perkara yang ghaib hanya Allah saja yang mengetahuinya. Jikalau kita terus membahasnya, maka hal itu akan menjadi kemudharatan. Serahkan saja kepada Allah dan segera perbaiki amalan ibadah agar setan bukan hanya tidak mengetahui isi hati manusia, namun juga mampu menyingkir dari jarak yang cukup jauh.

Wallahu A'lam





loading...

close ini