Adab Atau Sunnah Saat Berpakaian Yang Dilalaikan Umat Muslim




KabarMakkah.Com – Manusia kini menganggap bahwa berpakaian menjadi masalah yang sepele. Mereka hanya tinggal memakai dan setelahnya tinggal diganti dengan pakaian yang lain.

Bagi umat Islam, berpakaian menjadi sarana untuk menutup aurat. Dengan berpakaian yang syar’i berarti kita telah menjalani perintah Allah dalam menutup aurat. Akan tetapi bukan hanya dari segi model atau cara berpakaian saja yang telah Rasul contohkan. Ada adab atau sunnah yang menjadikan berpakaian bisa berbuah pahala. Namun banyak orang yang melalaikannya dan menganggap bahwa itu tidaklah penting.

Adab Atau Sunnah Saat Berpakaian Yang Dilalaikan Umat Muslim

Bisa jadi pandangan tersebut karena menganggap bahwa berpakaian merupakan kegiatan rutin sehingga tidak harus ada yang spesial saat berpakaian.

Untuk yang ingin bisa meraih pahala saat berpakaian, berikut adalah sunnah-sunnahnya.

1. Mengucap Bismillah

Dalam melakukan pekerjaan atau kegiatan apapun, kita dianjurkan untuk mengucapkan kalimat bismillah. Yang jelas perbuatan tersebut bukan bertujuan untuk maksiat. Akan tetapi kita sering lupa untuk mengucapkan bismillah baik itu saat memakai ataupun melepaskan pakaian.

Padahal Imam nawawi berkata bahwa, “Mengucapkan bismillah adalah sangat dianjurkan dalam seluruh perbuatan.”

2. Berdoa Sebelum Berpakaian

Selain mengucapkan bismillah, Islam juga mensyariatkan agar setiap muslim berdoa dahulu sebelum berpakaian. Ini sesuai dengan hadist Rasul, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam apabila memakai pakaian atau jubah atau kopiah, beliau selalu berdoa: Ya Allah, aku mohon kepadaMu untuk memperoleh kebaikannya dan kebaikan dari tujuan pakaian ini dibuat. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan dan buruknya tujuan pakaian ini dibuat.”

3. Mulailah Dengan Yang Kanan

Sunnah yang satu ini juga kerap diabaikan. Padahal Rasulullah sendiri mengajarkan bagaimana seharusnya berpakaian yaitu memulai dengan bagian yang kanan, seperti hadist berikut:

“Apabila kalian memakai pakaian, maka mulailah dengan yang sebelah kanan.” (HR Tirmidzi)

4. Melepas Dahulu Bagian Kiri

Begitu pun sebaliknya yaitu saat kita hendak melepaskan pakaian, maka dahulukan bagian yang sebelah kiri. Semua sunnah ini bisa dilihat secara gamblang dalam kitab Aktsaru Min Alfi Sunnatin Fil Yaum Wal Lailah.

Kini jangan ada lagi merasa bahwa berpakaian tidak mendatangkan kebaikan ataupun pahala. Karena sesungguhnya Rasulullah telah memberitahu kita dalam hadist-hadistnya bahwa berpakaian menjadi sarana kita untuk lebih dekat kepada Allah.

Semoga bermanfaat





loading...

close ini