Nah Loh.. Kantor Haji Iran di Makkah Langsung Ditutup Pasca Pembakaran Kantor Dubes Saudi

Diposting pada

Setelah aksi barbar demostran Iran yang membakar kantor kedutaan besar Saudi di Teheran, Pihak kerajaan Saudi geram dan langsung memutuskan hubungan diplomatik dengan mengultimatum Duta besar Iran agar segera meninggalkan Saudi dalam waktu 2 x 24 jam. Bukan hanya itu, Bahkan kantor urusan haji Iran langsung ditutup dan dicopot plangnya oleh Kerajaan Arab Saudi.

Kantor haji Iran di Saudi terletak di kota suci Makkah Al-Mukarromah, tepatnya di distrik Aziziyah Syamaliah, Berjarak sekitar 2 Kilometer dari arah masjidil haram. Nampak di foto bawah  ini, proses pencopotan plang kantor Urusan Haji Iran di Makkah.
Kantor Haji Iran di Makkah Langsung Ditutup Pasca Pembakaran Kantor Dubes Saudi
Berita Haji 2016

Baik pihak Arab Saudi maupun Iran belum memberikan pernyataan resmi bagaimana konflik diplomatik ini akan berdampak pada kegiatan Haji, yang menjadi kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu melakukannya. Haji tahun 2016 ini akan dimulai awal September.

Ketika Saudi memutus hubungan diplomatik dengan Iran dari 1988 hingga 1991, Iran melarang para warganya menunaikan Haji.

Hari Minggu kemarin Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir mengatakan pemerintahnya kembali memutus hubungan diplomatik dengan Iran dan memerintahkan pada diplomat Iran untuk meninggalkan negara itu dalam 48 jam.

Saudi sendiri telah menarik pulang semua staf diplomatiknya di Teheran.

Keputusan itu diambil Riyadh setelah kedutaan Saudi di Teheran diserang para demonstran, yang marah akibat eksekusi seorang ulama Syiah oleh Saudi.

Loading...