Jika Berkualitas Dalam 6 Hal Ini, Dialah Suami Terbaik

Diposting pada

KabarMakkah.Com – Setiap wanita pasti ingin memiliki suami terbaik. Namun kadang mereka tidak tahu kriteria apa saja yang harus ada pada diri seorang lelaki agar dapat lulus dengan kriteria terbaik. Karena ketidaktahuan ini, bisa-bisa mereka salah mengenali yang akhirnya salah pula dalam menjatuhkan pilihan.

Jangan asal pilih suami. Teliti sebelum memutuskan menerima pinangannya. Bukan mencari yang sempurna, tapi putuskanlah pilihan pada sosok yang besar hasratnya dalam memperbaiki diri. Bukan mencari yang sudah matang, tapi yakinlah dengan pribadi-pribadi penuh pesona yang siap dikoreksi dan bergandengan tangan dalam setiap proyek kebaikan.
Ilustrasi

Drs Muhammad Thalib dalam bukunya “Menuju Pernikahan Islami”, telah menuliskan enam kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh seorang laki-laki yang kelak menjadi suami dan kepala rumah tangga.

Jika enam hal tersebut dimiliki dengan baik olehnya, maka dialah laki-laki yang layak diterima pinangannya. Dialah yang kelak, insya Allah, akan menjadi suami terbaik Anda.

1. Memiliki Ilmu Agama Yang Kuat

Bagaimana kita bisa tahu bahwa calon suami kita memiliki ilmu agama yang kuat? Kita bisa lihat dari pengamalannya sehari-hari. Apakah ia lebih sering mengabaikan kumandang adzan atau justru bersegera menunaikan panggilan-Nya? Apakah ia membiarkan saja orang-orang yang tinggal bersamanya misalnya adik atau kakaknya tidak mengenakan hijab ketika keluar rumah? Dan lain sebagainya.

Laki-laki yang memiliki ilmu agama kuat akan mempunyai kemauan tinggi untuk menegakkan syariat Islam dalam setiap sendi kehidupannya. Ia pun tidak akan membiarkan perbuatan yang mengundang dosa dilakukan oleh orang lain, terlebih oleh keluarga yang dicintainya.

2. Cerdas Secara Intelektual

Cerdas secara intelektual maksudnya dapat menggunakan kemampuan akalnya secara jernih. Jika ia berhadapan dengan sebuah masalah, ia akan mengoptimalkan akalnya untuk mencari jalan keluar terbaik. Ia tidak akan terburu-buru mengikuti hawa nafsu yang justru akan membuat masalah semakin runyam.


3. Memiliki Mental Yang Tangguh

Lelaki pemilik mental tangguh tidak akan mudah menyerah dalam menghadapi satu kesulitan. Bahkan jika kesulitan itu datang bertubi-tubi, maka ia akan mampu bangkit dan bangkit lagi sehingga ia akan berhasil mengeluarkan keluarganya dari himpitan kesulitan hidup.

4. Cerdas Secara Emosional

Drs. Muhammad Thalib menuturkan bahwa yang dimaksud dengan cerdas secara emosional adalah bahwa lelaki tersebut mampu mengendalikan perasaannya. Ia akan bersikap tenang dalam menghadapi berbagai masalah. Emosi negatif seperti rasa beci, permusuhan, kemarahan dan yang lainnya bisa ia kendalikan dan kesampingkan sehingga tidak menguasainya. Ia akan bijak mengambil keputusan karena didorong oleh kedewasaan emosinya.

Laki-laki yang cerdas secara emosi juga akan memiliki akhlak yang membuat orang-orang di sekitarnya terpesona. Ia akan menaruh hormat pada orang yang lebih tua dan menaruh sayang pada orang yang lebih muda. Perangainya akan dipenuhi sifat rendah hati, sopan-santun, baik budi dan bahasa.

5. Taat pada Syariat

Dari sejak membuka mata hingga menutup mata, keseharian kehidupannya akan dipenuhi dengan ketaatan menjalankan perintah dan menjauhi larangan Robb penciptanya. Ia pun taat mengamalkan ajaran yang di bawa oleh Rasulullah SAW. Di samping itu ia pun menaati aturan dan norma-norma masyarakat serta negara selama tidak bertentangan dengan aturan Allah SWT.

Ketaatan ini akan mengantarkannya pada kebahagiaan kehidupan dunia dan akhirat.

6. Memiliki Sifat Teguh Dan Bersungguh-Sungguh

Calon suami terbaik adalah dia yang juga memiliki keteguhan hati yang tidak mudah tergoyahkan. Ia tidak akan mudah gentar menghadapi lawan selama ia ada dalam kebenaran. Ia pun akan bersungguh-sungguh memperjuangkan keyakinan hatinya.

Demikian 6 hal yang menjadi ciri dari lelaki yang bisa menjadi suami terbaik. Namun jika keenam hal ini belum lengkap pada diri calon pasangan Anda, jangan langsung memutuskan hubungan dengannya. Telitilah dengan cermat apakah dia mempunyai semangat untuk belajar dan berubah ke arah yang lebih baik. Jika iya, berarti bisa jadi kelak dia akan memiliki keenam kriteria tersebut di atas.

Loading...