Balaslah Keburukan Dengan Kebaikan

Balaslah Keburukan Dengan Kebaikan

author photo
KabarMakkah.Com - Dalam hidup ini, pasti ada saja orang yang tidak suka dengan kita. Jika orang tersebut tak mengganggu, ada baiknya orang-orang semacam ini kita diamkan saja. Namun kadang mereka cukup menyita pikiran dan hati kita karena berbuat sesuatu yang menyakitkan baik dari segi ucapan maupun perbuatan.

Balaslah Keburukan Dengan Kebaikan


Maka timbul hasrat hati yang begitu besar untuk membalas perbuatan mereka. Namun apakah hal ini diperbolehkan dalam agama Islam?

Allah SWT berfirman:

“Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia”. (QS. Fushilat: 34)

Menurut ayat diatas, Jika ada yang berbuat jahat terhadapmu, terlebih khusus lagi jika mereka adalah kerabat-kerabatmu, sahabat-sahabatmu, mereka berbuat buruk kepadamu, baik melalui lisan mereka maupun perbuatan mereka, Maka balaslah mereka dengan kebaikan. Jika mereka memutus silaturrahim denganmu, maka sambunglah kembali silaturahmi tersebut. Jika mereka berbuat dzalim kepadamu, maka maafkanlah.

Jika lisan mereka mencaci, menghina dan menjelek-jelekanmu, pun maafkanlah! Balaslah dengan kata-kata lembut.

Jika mereka mendiamkanmu dan tidak mau berbicara denganmu maka balaslah dengan mengucap salam dan mulai menyapa dengan kata-kata baik.

Jika mereka memutuskan tali silaturrahim, balaslah dengan menyambungkannya kembali.
Maka jika semua hal itu kamu lakukan, niscaya orang-orang yang selama ini membenci dan memusuhimu akan berbalik menyayangi dan menjadi teman setiamu.

Ingatlah bahwa hati manusia ada diantara jari-jari-Nya, Dia berkuasa membolak-balikkan hati. Mengubah benci jadi cinta adalah urusan mudah bagi-Nya.

Lepaskanlah segala amarah dan gengsi yang membelenggu, yang menahanmu untuk memaafkan dan berbuat baik pada orang yang sudah mendzalimimu.

Semoga kita menjadi hamba-hamba-Nya yang penuh dengan cinta terhadap sesama, bahkan pada mereka yang menyakiti kita. Aamiin.
Next article Next Post
Previous article Previous Post