Ingin Hidup Sehat? Sedekahlah!

Diposting pada

Hidup sehat dan nikmat merupakan harapan bagi setiap insan. Tak ada satu manusia pun di dunia ini yang ingin merasakan lemah dan sakitnya tubuh, sebab itu akan menghambat aktivitasnya selama hidup di dunia.

Sehat itu memanglah mahal, tapi banyak orang yang melalaikannya dengan tidak memperdulikan kesehatan. Untuk itu, agar menambah keberkahan hidup juga menjadi penguat daya tahan tubuh, salah satu cara yang dapat Anda lakukan ialah shadaqah.

Ingin Hidup Sehat? Sedekahlah!!

Rasulullah SAW bersabda, “Obatilah orang yang sakit dengan shadaqah. Bentengilah harta yang kamu miliki dengan zakat dan tolaklah marabahaya dengan doa,” (HR. Baihaqi).

Sabda kanjeng Nabi SAW merupakan sebuah inspirasi besar yang bisa kita lakukan dalam kehidupan ini, sebab banyak orang yang hidupnya tegar dan sehat selalu, dijauhkan dari berbagai macam penyakit hanya karena mereka rajin shadaqah. Kita bisa membuktikan dalam kehidupan sehari-hari, jika anak kita sakit, bisa kita menyembuhkannya dengan shadaqah.

Agus Syafi’i (2007) pernah berkisah, pada satu hari ada orang menghubunginya. Orang itu bertanya, “Apakah saya boleh bergabung dengan orang-orang shalih?” “Ya, boleh dong, Pak,” jawabnya. “Saya Chinese lho Mas,” katanya. “Di mata Allah semua hamba-Nya sama yang membedakan ketakwaannya.”

Bapak itu bercerita bahwa dirinya terheran kenapa banyak orang beranggapan shadaqah itu ajaib. Bahkan ada seorang temannya yang pedagang, rajin mengamalkan ibadah shadaqah tiap hari Jum’at. Sampai dia menanyakan pada temannya apa keajaibannya shadaqah. Shadaqah itu membuat hidup saya menjadi sehat, jawab temannya. Kok bisa? Iya, sebab shadaqah membuat tidur menjadi nyenyak dan makan enak.

Awalnya dia ragu untuk bershadaqah, namun sampai akhirnya dirinya mendapatkan hidayah Allah di saat usianya menjelang senja. Sekarang dia malah memilih hidupnya untuk membantu fakir miskin dengan membantu keterampilan orang-orang sekitarnya. Keputusan untuk membantu orang-orang yang ada di sekitarnya adalah rezeki tersendiri yang akan menjadikan kehidupannya semakin tenang dan tegar.

Kesehatan ternyata merupakan sebuah rejeki yang sangat besar. Coba bayangkan, bagaimana kita dapat mengerjakan semua tugas keseharian dengan sebaik-baiknya jika sakit? Karena itulah kita seharusnya segera menyadari bahwa shadaqah memang dapat memberikan faedah yang luar biasa bagi kehidupan kita ke depan.

Sumber: IslamPos/Selamatkan Dirimu dari Siksa Kubur/Karya: H.M. Amrin Ra’uf/Penerbit: DIVA Press

Loading...