Tanda Tanda Kiamat: Pasar-pasar Berdekatan

Tanda Tanda Kiamat: Pasar-pasar Berdekatan

author photo
Zaman semakin modern dan kita kian dimudahkan dalam setiap urusan. Dengan semakin canggihnya teknologi yang ada, kita bisa mengakses banyak informasi melalui jaringan internet di komputer atau smartphone kita. Selain itu, ada banyak layanan media sosial pula yang memudahkan kita berkomunikasi dengan semua orang yang menggunakan layanan yang sama.

Bahkan melalui layanan internet dan media sosial yang ada ini, kini kita bisa melakukan transaksi jual beli. Ya! Kini perniagaan sedikit banyak telah beralih ke metode online. Meskipun pasar semakin banyak dan berdekatan, kita tak perlu lagi sering dikunjunginya, cukup kita memilih barang apa yang kita butuhkan sambil bersantai, pesan, lalu transfer uang yang harus kita bayar melalui internet banking, dan dalam beberapa hari barang yang kita pesan akan datang. Betapa semakin dibuai saja kita.

Tanda Tanda Kiamat
Pasar-pasar Berdekatan

Saudaraku, mengenai keadaan sekarang ini, kita bisa menghubungkannya dengan salah satu hadits yang sudah diwartakan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW sudah mewartakan kepada kita, bahwa akan ada zaman di mana jarak menjadi saling berdekatan. Sehingga, perjalan dari satu pasar menuju pasar lain menjadi mudah.

Hanya dengan waktu yang singkat seseorang dapat berkeliling ke pasar-pasar di dunia, dan mengetahui fluktuasi harga pelbagai komoditas. Semua ini terjadi karena penduduk bumi tak terhalang lagi oleh jarak, sarana transportasi antar negara, baik berupa pesawat terbang, mobil atau yang lainnya, yang semakin maju, serta sarana informasi dan telekomunikasi, mulai dari telepon, radio, televisi, hingga internet, berkembang dengan sangat pesat.

Abu Hurairah RA meriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Hari kiamat belum akan terjadi sampai berbagai fitnah (malapetaka) bermunculan, kebohongan merajalela, dan pasar-pasar menjadi saling berdekatan,”(HR. Ahmad).

Pasar-pasar dikatakan menjadi saling berdekatan, ditilik dari tiga faktor.

Pertama, informasi tentang fluktuasi harga yang dapat dengan cepat diketahui.

Kedua, perjalanan dari satu pasar menuju pasar yang lain dapat ditempuh dalam waktu singkat, walaupun jaraknya saling berjauhan.

Ketiga, perbedaan harga komoditas perniagaan antar satu pasar dengan pasar yang lain tidak terlalu jauh, dan pergerakannya pun saling mengikuti satu sama lain.

Sumber: Kiamat Sudah Dekat?/Dr. Muhammad al Areifi/Penerbit: Qisthi Press/2011
Next article Next Post
Previous article Previous Post