Nikmatnya Buka Puasa Dengan Klepon Isi Gula Merah

Diposting pada

KabarMakkah.Com – Cemilan memang sangat pas untuk buka puasa. Klepon yang merupakan cemilan tradisional berwarna hijau bisa membuat sensasi nikmat saat memakannya. Kadang Bunda sekeluarga tidak langsung menyantap hidangan utama karena merasa begah sehingga pasti mencari-cari menu cemilan yang enak namun sedikit memberi rasa kenyang.

Klepon bisa sangat mengenyangkan karena dibuat dari tepung ketan. Selain itu bahan lainnya pun sangat mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau. Buat Bunda yang ingin menyajikan klepon sebagai santapan pertama saat berbuka puasa, kami bagikan resep pembuatannya secara lengkap.

Kue klepon pas untuk berbuka puasa
Kue klepon pas untuk berbuka puasa

Bahan Untuk Membuat Klepon Yang Nikmat

• Tepung ketan 300 gram
• Air yang mendidih 4 sendok makan
• Santan hangat 150 mili liter
• Air kapur ½ sendok makan
• Air daun suji 50 mili liter
• Gula merah yang disisir halus 200 gram
• Kelapa agak muda 1 butir yang diparut secara memanjang
• Garam secukupnya saja

Proses Pembuatannya

1. Pertama siram terlebih dahulu tepung ketan dengan air yang mendidih. Aduklah secara merata dan tambahkan beberapa bahan lain seperti air daun suji, garam dan air kapur sambil dituangi dengan santan secara perlahan-lahan. Uleni hingga adonan menjadi berbentuk sedikit padat.

2. Ambillah adonan sebesar kelereng lalu pipihkan dan isi dengan irisan gula merah tepat di tengahnya. Bulatkan kembali hingga gula didalamnya tertutupi dengan rapat. Lakukan hingga habis.

3. Rebus klepon ke air yang mendidih hingga adonan klepon mengapung. Angkatlah dan tiriskan karena berarti klepon sudah matang.

4. Untuk pelengkapnya, campurkan parutan kelapa dengan sedikit garam kemudian kukus selama 5 menit dengan memberikan daun pandan sebelumnya.

5. Jika sudah matang, angkat dan masukkan klepon pada kukusan kelapa parut tersebut.

6. Sajikan klepon isi gula merah dalam mangkok daun kecil agar lebih pas suasananya.

Mudah bukan? Untuk Bunda yang kesulitan mencari daun suji, bisa menggantinya dengan pewarna makanan instant yang memang untuk makanan.

Itulah cara pembuatan klepon ala KabarMakkah.com yang khusus dihidangkan saat berbuka puasa.

Loading...